5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN Kediri

Texel merupakan jenis domba potong yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Jika tidak sedang bermain, berat Texel dewasa bisa melebihi 100 kilogram per ekor. Saat seorang wanita tidak dalam keadaan hamil, berat badannya bisa mencapai 90 kilogram. Tidak diragukan lagi bahwa Texel adalah domba potong yang terkenal.

 

Texel merupakan produk dari Pulau Texel yang terletak di Belanda, namun sejak awal tahun 50-an Texel sudah mampu berkembang di Indonesia. Domba yang satu ini diberi nama lokal seperti nama Dombos (Domba Wonosobo). Nama tersebut diberikan karena 500 Texels bisa menunjukkan perkembangan yang sangat baik ketika mereka masuk ke Indonesia pada tahun 50-an. Memang sampai saat ini Wonosobo telah menjadi kiblat Texel sebagai daging kambing pedaging kualitas internasional.

 

Banyak peternakan menawarkan benih domba Texel untuk perorangan maupun mitra ternak lainnya. Dengan sistem yang luas dan luas seperti ini, perkembangan Texel akan pesat di tahun-tahun mendatang.

 

Kabar baiknya, Texel tidak hanya memperbolehkan Anda untuk menggunakan daging saja. Permintaan pasar akan produk yang berasal dari domba jenis ini tidak hanya daging, tetapi juga persilangan dan wol. Oleh karena itu, pemasaran Texel sangat luas dan dapat diterapkan untuk keuntungan finansial yang maksimal.

 

Cara dan Tips Texel Sheep Terbukti Sukses

 

Ada banyak hal penting yang harus Anda manfaatkan di peternakan Anda untuk budidaya Texel yang produktif. Ada lima elemen utama yang perlu Anda kembangkan. Misalnya saat memilih breeder Texel breeder yang memilih breeder harus memperhatikan kualitas fisik maupun genetik. Untuk lebih detailnya, berikut akan kami ulas cara beternak domba texel selain proses budidaya agar sukses dalam pemasarannya.

 

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Untuk membangun fondasi perusahaan pertanian, Anda harus yakin bahwa Anda menggunakan domba super Texel berkualitas baik. Alasannya karena induk akan menentukan bagaimana anakan selanjutnya akan tampil di F1, F2, F3, dan seterusnya. Oleh karena itu, pemilihan indukan harus dipertimbangkan dengan cermat.

 

Ciri-ciri breeder super texel antara lain :

 

a) Badan besar dan simetris di kedua sisi kiri dan kanan.

B) Selaput mata tidak tampak pucat. Warna matanya jernih dan bening.

c) Badan berisi, tetapi tidak terlalu gemuk. Domba yang terlalu besar dan tidak alami biasanya memiliki cacat genetik.

d) Tidak ada cacat fisik, pada ciri-ciri fisik induk Texel ini, yang bisa langsung Anda amati. Contohnya antara lain tidak pincang atau buta, tapi tidak bisu, dan sebagainya.

E) Lubang hidungnya cenderung lembab (tidak terlalu lembek, dan tidak kering).

f) Untuk domba Texel jantan Penampilan testis tampak normal, tetapi tonjolan tulang kaki lebih besar atau lebih menonjol saat kita menekannya.

G) Sedangkan untuk Texel betina ambingnya normal dan besar. Jumlah puting sudah mapan, juga aktif (ini penting untuk memastikan keturunannya juga sehat).

H) Umur indukan minimal 1 sampai satu tahun. Untuk memastikan bahwa faktor fisik dan mental berada pada level yang tepat untuk memberikan keturunan terbaik.

 

Jika anda sedang mencari indukan yang berjenis kelamin betina dan jantan bisa konsultasi langsung di tempat dengan pemilik. Anda harus mencari penjual bentuk peternakan yang profesional, ramah, dan menawarkan kualitas layanan terbaik.

 

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba perlu nyaman agar tidak berdampak negatif terhadap kesejahteraan psikologis ternak. Tidak jarang peternak meremehkan kandangnya, padahal kandang berfungsi sebagai elemen pendukung yang berperan penting dalam pertumbuhan domba.

 

Intinya, kandang untuk domba bakalan yang berumur minimal 9 bulan bisa dimasukkan ke dalam kandang kolektif. Satu kandang bisa menampung hingga 5-10 ekor burung tergantung ukuran kandang itu sendiri.

 

Setelah dewasa, Anda dapat memindahkannya ke kandang domba individu. Domba harus tetap bergerak bebas dan berputar, istirahat, dan semacamnya. Intinya, penerapan penggunaan sangkar panggung, atau sangkar tanah perlu mempertimbangkan faktor ini.

 

Ciri-ciri kandang yang sehat dan nyaman adalah:

 

a) Kandang bersih, tidak ada kotoran yang sudah lama menumpuk.

b) Memiliki sinar matahari yang cukup, bukan berarti kandang dalam ruangan tertutup rapat sehingga sinar matahari tidak dapat masuk

c) Naungan, tetapi tidak panas meskipun diperlukan agar sinar matahari dapat menembus, tetapi pastikan suhu di dalam tidak terlalu panas, sehingga domba dapat merasa nyaman.

d) Lokasi harus berjarak minimal 5m dari rumah.

 

Saat membuat pagar untuk domba, perhatikan seberapa jauh antara pagar Anda dengan tanah. Jarak minimum sekitar 70 sentimeter. Atap samping lebih tinggi dari atap belakang, sehingga hujan dan embun mudah turun.

 

3. Persilangan dengan Domba Fullblood

Jika nama perempuan Anda Texel Jika dia Texel, Anda bisa berpasangan dengan domba jantan fullblood dan dapatkan anak ayam yang berkualitas baik. super. Misalnya, domba Dorper, yang terkenal dengan dagingnya yang luar biasa. Cara persilangan breed atau persilangan domba ini merupakan faktor terpenting dalam mempertahankan atau meningkatkan genetika breed. Anda di peternakan dapat menyelidiki ras lain yang lebih unggul dalam membuat daging atau fokus pada keunggulan genetik tertentu.

 

Di pasaran, domba Texel yang sedang mengandung domba Dorper fullblood akan dibanderol dengan harga lebih mahal. Seringkali, setelah kelahiran pertama, anak domba akan memiliki 1 anak. Namun, pada yang kedua, dan selanjutnya, bisa lebih tinggi dari itu.

 

Apa yang bisa Anda harapkan jika Anda berhasil melakukan persilangan ini?

 

a) Membuat persilangan yang pertumbuhannya tinggi. Dalam kondisi normal (tidak dimodifikasi secara genetik seperti broiler) Peternakan Anda berpotensi memanen wol lebih cepat.

 

B) Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jika domba Texel mudah menderita penyakit, tidak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan mereka akan terpengaruh. Sebaliknya peternak harus lebih memperhatikannya.

 

C) Daging berkualitas tinggi, bebas lemak. Jenis daging inilah yang menjadi tujuan utama pasar dari luar negeri.

 

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Menjadi domba pedaging, penting untuk memperhatikan makanan Texel. Penting untuk memastikan bahwa pakan memiliki kandungan serat yang cukup, terutama yang berasal dari sumber alami seperti rumput. Jika Anda beternak domba di kandang bersama, Anda bisa menggunakan pakan konsentrat khusus untuk memelihara domba.

 

Beberapa ide umpan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tingkat pertumbuhan Texel adalah sebagai berikut:

 

A) Hijauan yang dapat Anda berikan kepada domba dengan rasio 10% dari berat totalnya. Jadwal pemberian pakan berdasarkan kebiasaan peternak sendiri umumnya 2 kali per hari.

 

b) Pakan fortifikasi khusus untuk indukan laktasi yang siap mengawinkan jantan, domba, hingga domba yang semakin gemuk. Jenis pakan yang menguatkan bisa berupa biji-bijian, bekatul dari jagung, bungkil kelapa, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

 

C) Garam dan suplemen makanan khusus lainnya untuk domba potong untuk memberikan mineral selama pertumbuhannya.

 

Pakan fermentasi bisa menjadi alternatif untuk menurunkan harga yang terkait dengan produksi pakan domba. Saat Anda memfermentasi pakan, Anda harus membiasakan diri dengan domba terlebih dahulu. Pada saat tiba-tiba mengganti pakan utama menjadi fermentasi dapat mengakibatkan domba menolak untuk mengkonsumsinya.

 

5. Penjualan Produk Peternakan (Daging dan Domba)

Cara menjual domba Texel bisa dalam bentuk hasil produksinya seperti daging, atau dengan menjual bibit yang dipelihara. Metode penjualan yang paling efektif akan mendongkrak proporsi penjualan domba. Sehingga terjadi peningkatan arus kas ke peternakan. Hal ini tentunya akan membawa keuntungan ekonomi bagi peternak. Ini adalah rekomendasi untuk menjual domba yang akan menghasilkan keuntungan dari peternakan Anda.

 

a) Pemasaran domba di pasar hewan. Cara jual beli domba ini paling umum digunakan dan tradisional. Anda bisa mendapatkan pembeli dalam beberapa detik. Jangkauan layanan juga dibatasi secara umum, hanya untuk orang-orang di suatu daerah.

 

B) Mendistribusikan brosur untuk periklanan offline. Potensi Texel sebagai hewan pedaging kerap dijadikan sebagai hewan kurban. Lokasi yang cocok untuk memasarkan ide ini adalah dengan membagikan brosur di masjid, restoran, dan tempat umum lainnya.

 

c) Memanfaatkan media sosial dan aplikasi perpesanan. Media sosial merupakan cara yang paling efektif untuk memperluas jangkauan hubungan pemasaran domba Texel. Anda bisa memperkenalkan peternakan sekaligus ternak di platform media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

 

D) Pemasangan produk ternak di marketplace dan website. Ini adalah cara melakukan sesuatu dengan cara modern yang memiliki potensi besar dalam waktu dekat. Karena internet dan marketplace tidak bisa dirusak oleh berlalunya waktu. Sebenarnya, semakin tua usia Anda, semakin tinggi kepentingan yang akan Anda terima dari mesin pencari.

 

Jual Domba Texel Kepada Mitra Yang Tepat

 

Ada banyak konsumen sapi, domba, dan ibu hamil Texel saat ini. Selain pemasaran melalui berbagai jalur yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan kolaborasi, Anda juga bisa bermitra dengan peternakan lain, seperti GibasBarokah.com.

 

Cara ini menjadi simbiosis yang saling menguntungkan. Andalah yang menentukan nilai pasar untuk produk domba Anda. Tentu saja, harganya harus adil mengingat karakteristik genetik dan fisik domba. Jika anjingnya sehat dan berkualitas baik, Anda akan mendapatkan harga yang sangat baik. Sebaliknya, jika situasi Anda tidak ideal, bahkan harapan untuk breed alternatif pun menantang, harganya bisa lebih rendah dari harga pasar.

 

Itulah mengapa meningkatkan kualitas dan kondisi keseluruhan hewan di peternakan sangatlah penting. Karena menentukan berapa harga domba yang akan dijual di masa depan. Untuk meningkatkan kualitas prproduk dan Kualitas ternak, ada kemungkinan breed persilangan dengan domba fullblood yang sudah terbukti memiliki standar tertinggi.

 

Kedatangan domba fullblood adalah aset investasi yang bagus. Seekor domba jantan dapat kawin hingga 25 betina. Aspek genetik domba jantanlah yang menentukan kualitas breed untuk operasi peternakan, apakah hasilnya meningkat atau tidak. Berikut beberapa panduan beternak domba Texel, sejenis daging yang cukup terkenal di Indonesia. Harga jual beli cukup stabil, sehingga para peternak tidak ragu untuk mengembangbiakkan domba jenis ini. Salam sukses untuk semua peternakan di seluruh Indonesia!

 

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel

Comments

Popular posts from this blog

3+ Cara Menambah Followers Instagram yang Mudah, Aman dan Cepat Tanpa Beli

PIlihan Unik Untuk Souvenir Pernikahanmu

Cara Mempelajari Optimasi SEO Pada Wordpress