Etika Organisasi - Arti dan Pentingnya
Sebuah organisasi terbentuk ketika individu-individu dari berbagai latar belakang dan beragam minat berkumpul pada platform yang sama dan bekerja menuju tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.
Karyawan adalah aset organisasi dan sangat penting bagi mereka untuk menjaga kesopanan dan suasana tempat kerja.
Apa itu Etika Organisasi?
Dalam menerapkan manajemen perusahaan yang baik, etika organisasi sangat perlu diperhatikan. Cara organisasi harus menanggapi lingkungan eksternal mengacu pada etika organisasi. Etika organisasi mencakup berbagai pedoman dan prinsip yang menentukan cara individu harus berperilaku di tempat kerja.
Ini juga mengacu pada kode etik individu yang bekerja di organisasi tertentu.
Setiap organisasi berjalan untuk mendapatkan keuntungan tetapi bagaimana menghasilkan uang lebih penting. Tidak ada organisasi yang harus bergantung pada cara yang tidak adil untuk mendapatkan uang. Seseorang harus memahami bahwa uang bukanlah satu-satunya hal yang penting, kebanggaan dan kehormatan lebih penting. Prioritas pertama seseorang adalah menghasilkan uang tetapi dia tidak boleh membungkuk terlalu rendah hanya untuk dapat melakukan itu.
Berikut adalah etika organisasi yang baik:
a. Anak-anak di bawah usia empat belas tahun tidak boleh dipekerjakan untuk bekerja di organisasi manapun. Masa kanak-kanak adalah fase terbaik dalam hidup seseorang dan tidak boleh ada anak yang kehilangan masa kecilnya.
b. Karyawan tidak boleh terlibat dalam perusakan atau manipulasi informasi untuk mendapatkan hasil. Data Tampering dianggap sangat tidak etis dan tidak profesional di dunia korporat. Ingat jika seseorang jujur, hal-hal akan selalu menguntungkannya.
c. Karyawan tidak boleh menyampaikan informasi perusahaan kepada pihak eksternal mana pun. Jangan bagikan kebijakan dan pedoman organisasi Anda dengan orang lain. Lebih baik tidak membicarakan urusan resmi dengan teman dan kerabat. Data atau informasi rahasia tidak boleh dibocorkan dalam keadaan apa pun.
d. Harus ada keadilan mutlak dalam transaksi moneter dan semua jenis perdagangan. Jangan pernah menipu klien Anda.
e. Organisasi tidak boleh mendiskriminasi karyawan mana pun atas dasar jenis kelamin, penampilan fisik, usia, atau latar belakang keluarga. Karyawan wanita harus diperlakukan dengan hormat. Jangan meminta karyawan wanita Anda untuk tetap bekerja hingga larut malam. Tidak etis untuk mendiskriminasi karyawan hanya karena mereka tidak memiliki latar belakang yang kaya. Karyawan harus dinilai berdasarkan pekerjaan mereka dan tidak ada yang lain.
f. Organisasi tidak boleh mengeksploitasi salah satu karyawan. Karyawan harus dibayar sesuai dengan kerja keras dan usaha mereka. Jika individu bekerja larut malam, pastikan lembur dibayar. Manajemen harus memastikan karyawan mendapatkan tunggakan, bonus, insentif dan penggantian lainnya tepat waktu.
g. Mencuri properti kantor sangat tidak etis.
h. Organisasi harus menjaga kesehatan dan keselamatan kerja karyawan. Individu tidak boleh terpapar pada kondisi berbahaya.
i. Jangan pernah berbohong kepada pelanggan Anda. Tidak profesional untuk membuat janji palsu kepada konsumen. Iklan harus memberikan gambaran yang jelas tentang produk. Jangan lakukan apa pun yang tidak dapat ditawarkan oleh organisasi Anda. Penting untuk jujur dengan pelanggan Anda untuk mengharapkan loyalitas dari mereka. Sangat tidak etis untuk membodohi pelanggan.
j. Produk tidak boleh menimbulkan ancaman bagi lingkungan dan umat manusia.
k. Karyawan dalam masa percobaan dapat diberhentikan kapan saja tetapi organisasi perlu memberikan pemberitahuan satu bulan sebelum memecat karyawan tetap. Dengan cara yang sama, karyawan tetap harus menjalani pemberitahuan satu bulan sebelum mengundurkan diri dari layanan saat ini. Karyawan tidak bisa berhenti datang ke kantor secara tiba-tiba.
Comments
Post a Comment